Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) - Portal Pelajar

SBMPTN oleh http://penerbitcmedia.com
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur yang dapat kamu pilih untuk memasuki perguruan tinggi negeri di Indonesia. Seleksi ini berupa tes tulis yang terdiri dari dua jenis tes, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).
Berdasarkan dasar ilmu dasar dari fakultas yang ingin dituju, TKD dibagi menjadi dua jenis yaitu Saintek (Sains dan Teknologi) dan Soshum (Sosial dan Humanoria). Berbeda dengan SNMPTN, jalur ini bersifat lebih universal karena jalur ini hanya mengacu pada score atau nilai yang kamu peroleh pada tes. Sebagai bayangan awal, berikut merupakan jumlah peserta yang mengikuti dan lolos SBMPTN dalam empat tahun terakhir.
Jumlah peserta yang mengikuti dan yang lolos SBMPTN selama empat tahun terakhir


Penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN pada rata-rata perguruan tinggi adalah adalah sebanyak 30% dari total mahasiswa baru yang diterima, dimana 30% lainnya diambil dari jalur SNMPTN, dan 30% lagi dari jalur mandiri. Bagaimana dengan 10% lagi? Seperti yang saya katakan bahwa diatas hanyalah penerimaan mahasiswa pada rata-rata perguruan tinggi, bisa saja dalam suatu perguruan tinggi mengambil kuota 70% untuk SBMPTN karena tidak mengadakan Jalur Mandiri.


Kuota Pada Masing-Masing Jalur Seleksi PTN

Info: Jalur Mandiri merupakan jalur yang merupakan kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi sehingga Ujian Mandiri dari suatu PTN pastinya berbeda-beda bahkan tidak terdapat sama sekali, contoh dari Ujian Mandiri adalah UTUL UGM dan SIMAK UI.

Oh ya, berbeda dengan jalur SNMPTN, jalur ini tidak memandang akreditsasi sekolah, jenis sekolah, maupun program studi yang kamu pilih saat SMA/SMK. Jadi, bagi kamu yang merupakan siswa SMK ataupun siswa  SMA yang ingin mengambil lintas program atau jurusan, jalur ini merupakan peluang emas untuk memasuki perguruan tinggi negeri favorit kamu, tentunya harus selingi dengan usaha dan kerja keras.

Syarat Mengikuti SBMPTN

Berikut adalah persyaratan SBMPTN pada tahun 2017 yang mungkin akan 
berguna bagi Anda para pejuang SBMPTN 2018. Sekedar informasi, kamu memiliki tiga kali kesempatan dalam mengikuti seleksi ini, seperti misalkan kamu adalah lulusan SMA/SMK/MA pada tahun 2018 memiliki kesempatan mengikuti SBMPTN pada tahun 2018 dan dua tahun setelahnya.

Pendaftaran
·      Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2015 dan 2016  harus memiliki ijazah.
·      Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
·      Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Penerimaan
·      Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Materi yang Diujikan

Materi yang diujikan pada SBMPTN sebenarnya hampir sama dengan materi yang diujikan pada Ujian Nasional, hanya saja materi yang diujikan pada seleksi ini jauh lebih rumit sehingga membutuhkan pembelajaran dan pemahaman konsep yang mendalam. Pada seleksi ini juga diujikan Tes Keterampilan dan Potensi Akademik yang akan menguji kecepatan penalaran dan pemikiran kamu.
Pada prodi Saintek, materi yang diujikan adalah Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi,  pada Soshum materi yang diujikan adalah Ekonomi, Sejarah sedangkan pada prodi Campuran, kamu harus mengerjakan kedua jenis TKD tersebut. Waktu pelaksanaan SMBPTN biasanya dimulai pada bulan April atau Mei, biasanya kamu harus mendaftar terlebih dahulu pada web resmi SBMPTN dan membayar sejumlah uang pendaftaran. Berikut merupakan daftar lengkap materi dalam masing-masing ujian berdasarkan SBMPTN 2017.



Materi pada tes tulis SBMPTN
Portal Soal

Untuk melatih kemampuan dalam mengerjakan soal, berikut saya sediakan naskah soal asli SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya. Mengapa harus belajar latihan soal bahkan dari lima tahun sebelumnya?

Seperti yang telah saya katakan bahwa tidak terdapat kisi-kisi pada ujian tulis ini, cara yang paling aman sebenarnya adalah menguasai seluruh materi dari masing-masing mata pelajaran. soal ini dapat kamu unduh sebagai bahan latihan untuk menghadapi SBMPTN. 


Ingat! Paham konsep saja tidak cukup, lu juga harus latihan soal untuk membiasakan dirimu dalam menyelesaikannya dan setidaknya tahu berbagai varisi soal yang bisanya muncul


TKPA
2017
DOWNLOAD
2016
2015
2014
2013
DOWNLOAD
2012
DOWNLOAD
2011
2010
2009
2008
2007
1990-2006
DOWNLOAD

SAINTEK
2017
2016
2015
2014
2013
DOWNLOAD
2012
2011
2010
2009
2008
2007
1990-2006



SOSHUM
2017
DOWNLOAD
2016
DOWNLOAD
2015
2014
2013
DOWNLOAD
2012
2011
2010
2009
2008
2007
1990-2006

Catatan: Bagi pengguna mobile, harap menggunakan layar dengan posisi landscape atau menggunakan mode desktop pada browser kamu untuk mendownload soal.

Tips & Tricks
Materi yang diujikan pada SBMPTN sangatlah banyak, terutama pada Biologi dan Sejarah, selain membutuhkan pemahaman, mata pelajaran ini juga memaksakan kamu untuk menghafal, disini saya sarankan untuk menggunakan metode jembatan keledai. Berikut merupakan strategi jitu untuk persiapan SBMPTN.
Oh ya, perlu diingat juga bahwa materi yang diujikan pada SBMPTN setiap tidak menentu, contohnya pada materi Struktur Atom pada mata pelajaran Kimia yang terakhir kali muncul pada SBMPTN 2014 tidak muncul pada SBMPTN dua tahun setelahnya dan muncul kembali pada tahun 2017.
Jadi, sangat disarankan supaya kamu mempelajari semua materi. Namun apabila tidak memungkinkan, setidaknya kamu menguasai materi yang berpeluang muncul tinggi seperti contohnya struktur dan fungsi tumbuhan pada Biologi.
Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Informasi lebih lengkap dapat kamu baca pada web resmi SBMPTN. Oke semua, video ini saya akhiri dengan video You Can Learn Anything dari Khan Academy.




Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) - Portal Pelajar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) - Portal Pelajar Reviewed by Arya on Agustus 26, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.